Sabtu, 26 Januari 2013



Hari ini posisi saya masih di Jombang, di tempat kakak. Sebenarnya, kondisi tubuh tidak mendukung. Agak capek akibat perjalanan 2 hari kemaren ziarah di Wali Jateng, dinihari baru datang. Batuk juga menyerang. Tapi karena masih ada semangat lantaran ingin mencari pengalaman-pengalaman baru, saya tetap merasa nyaman dan terlihat sehat.
Hari ini agendanya adalah ikut ekspedisi di Kediri dan sekitarnya. Bersama seorang kawan, saya berangkat menuju kota Kediri dengan naik motor. Lewat jalur bus Surabaya-Jogja. Tidak lama, perjalanan hanya kira-kira 45 menit. Pukul 08:00 kami sudah berada di kota Kediri.
Tujuan utama sebenarnya hanyalah ikut kawan saya mengikuti acara briefing (Sosialisasi Kampus) di Sekolahannya dulu, MAN 2 KEDIRI. Alumni MAN 2 Kediri yang sudah sukses melanjutkan kuliah di berbagai Universitas mengabungkan dirinya membentuk KOMANDAN (Komunitas Alumni MAN 2 Kediri Peduli Pendidikan) itu mengadakan acara yang dikemas menarik. Ini baru pertama saya temui. Kalau biasanya, briefing diadakan oleh masing-masing kampus dengan satu kampusnya saja. Tapi kali dari berbagai kampus jadi satu, dengan dikonsep stand-stand. Ada dari UNESA, UNAIR, IAIN Sunan Ampel, UIN MALIKI, UIN Syahida, UM Malang, UB Brawijaya Malang, UIN Suka Jogja, UGM, IPB, ITB, STAIN Kediri, dan lain-lain sebagainya.
Saya bisa dikatakan asing disini. Saya belum pernah sebelumnya menginjakan kaki di MAN 2 Kediri. Ini adalah kali pertama. Meskipun tidak begitu mengenal dengan semua yang hadir, saya bisa membaur dengan santai. Mendapat teman baru dan tentunya pengalaman baru.
Melihat anak-anak dengan seragam sekolah MA membawa ingatan saya beberapa tahun silam saat saya masih duduk di MA. Saya jadi ingat saat bercanda ria dengan teman di kelas. Saat berhadapan dengan Osis Keamanan, sampai guru kesiswaan. Semua terekam di memori dan pengen rasanya mengulangnya. Tapi tidak mungkin, waktu tidak mungkin berjalan mundur ke belakang.
Acara briefing ini bertempat di Aula. Sebelum adanya briefing, para siswa kelas XII dikumpulkan di Aula dan diberi semacam Training Motivasi oleh senior KOMANDAN yang ahli di bidangnya. Setelah selesai ditraining motivasi, baru sosialisasi dilaksanakan. Acara usai sekitar pukul 02:00 dengan diiringi hujan lumayan deras.
Seusai acara, saya diajak mampir di rumahnya kawan saya ini, di 10 km arah selatan kota Kediri, tepatnya di Kecamatan Sambi, Kab. Kediri. Sampai pukul 16:30 saya disana, dan kemudian pamitan balik ke Jombang. Sebelum sampai jombang mampir dulu di SLG (Simpang Lima Gumul). Ini juga kali pertama saya menikmati senja di SLG. Asyik juga tempatnya, berada di tengah jalan persimpangan lima. Untuk sampai di monumen SLG ternyata harus lewat terowongan bawah tanah, saya baru tahu. Kebetulan saat itu, ada konser band kotak. Tapi sayangnya saya tidak berminat untuk menonton.
Tujuan selanjutnya adalah Makam Gusdur. Sebenarnya tidak ada rencana sama sekali untuk mampir ke sini. Saya mampir di Tebu ireng karena ingin membelikan sesuatu untuk kawan yang besok mau Ultah. Tiba di Area makam pas waktu Isya’ jadi makam ditutup. Ya udah saya manfaatkan untuk menelusuri lorong-lorong pedagang.
Singkat cerita setelah mendapat sesuatu untuk kawan yang mau Ultah dan ziarah di Makam Gus Dur saya kembali ke Jombang, tempat kakak saya, baru keesokan harinya berangkat ke Surabaya.

Leave a Reply